Populasi dan Sample



Populasi adalah keseluruhan subyek/obyek yang menyangkut dalam penelitian. Biasanya dinotasikan dengan huruf n besar (N). Angka yang kita peroleh ketika menggunakan populasi disebut parameters.

Sample adalah sebagian objek/subjey yang diambil dari  populasi dan dianggap mewakili seluruh populasi. Biasanya dinotasikan dengan huruf n kecil (n). Angka yang kita peroleh saat bekerja diwilayah sample disebut statistic.

Contoh Kasus:  kita ingin melakukan survey prospek kerja mahasiswa Universitas XYZ.

Bila kita akan menghitung dari populasi, apakah dengan kita datang ke kampus, sudah menunjukan populasi? Bagaimana dengan mahasiswa yang ada di rumah, sedang pertukaran pelajar, sedang diluar negeri, atau mahasiswa tele-education, atau mungkin ada yang sakit, pulang kampung dan lainnya.

Pointnya adalah, populasi sulit untuk didefinisikan dan diamati pada kehidupan sehari-hari. Jadi untuk menghitung kasus diatas kita akan lebih mudah menggunakan sample.

Karena sample lebih mudah dihubungi, tidak memakan waktu banyak dan secara biaya lebih murah.

Mari kita coba mengumpulkan sample. Misalnya kita pergi ke kantin kampus, lalu melakukan interview terhadap 50 orang yang sedang makan disana. Apakah kita sudah mendapatkan sample yang mempresentasikan populasi?

Sepertinya tidak. Selain tidak random, sample juga tidak representative. Random adalah bila sample dipilih benar-benar secara acak dan setiap member dari populasi bisa terpilih secara setara.

Dengan masuk ke kantin, sample diperoleh tidak random, banyak mahasiswa lainnya yang tidak mendapat kesempatan menjadi sample. Begitu juga soal sample yang tidak representative, jelas langkah interview di kantin ini tidak mewakili populasi Universitas XYZ, sample ini lebih mepresentasikan prospek pekerjaan dari mahasiswa yang makan di kantin kampus.

Ternyata untuk menentukan sample yang random dan representative cukup sulit. Walaupun begitu, sample memiliki 2 keuntungan:

  • Bila sudah berpengalaman, tidak sulit untuk mengetahui apakah suatu sample itu representative atau tidak
  • Statistic didesain untuk bekerja dengan data yang tidak lengkap. Oleh karena itu kekurangan saat menentukan sample tidak akan menjadi masalah besar.
Populasi dan Sample Populasi dan Sample Reviewed by noname needed on May 30, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.