Statistik: Distribusi Data

Distribusi (probabiliti distribusi) data adalah suatu fungsi yang menunjukan semua nilai dari sebuah data dan seberapa sering nilai tersebut terjadi.

Ketika distribusi dari data kategorikal divisualkan, kita akan melihat persentasi dari setiap group. Ketika distribusi numerikal divisualkan, sering kali kita melihat disusun secara ascending (dari kecil ke besar).

Perlu diperhatikan, distribusi adalah BUKAN tentang grafik. Grafik hanya cara untuk mevisualisasikan. Distribusi seperti definisi diatas, adalah suatu fungsi yang menunjukan probabilitas semua value yang mungkin terjadi pada suatu eksperimen.

Normal Distribution

Dalam statistik banyak sekali jenis distribusi, yang sangat terkenal adalah normal distribution atau bell-shaped curve). Distribusi ini amat sering ditemui dalam kehidupan nyata, oleh karena ini penting untuk dipahami.


Normal distribution berdasarkan pada data numerical kontinu, dan graphic akan membentuk lonceng simetris. Dapat dikatakan, hampir 68% data berkisar disekitar mean (average atau nilai rata-rata). Makin menjauh dari mean baik kearah kiri atau kanan, akan makin menurun, ditunjukan dengan kurva yang menurun. Menunjukan pengaruh outlier (atau data yang diluar kebiasaan) tidak ada.

Dikarenakan simetris, maka mean dan median berada di titik yang sama, tepat di tengah kurva.

Standard Normal Distribution



Gambar diatas menunjukan distribusi normal dengan mean 0 dan standar deviation 1 (distribusi ini mempunyai nama khusus, standar distribusi normal atau z-distribution).

Setiap normal distribution dapat diubah menjadi standard normal distribution. Berikut formula untuk merubahnya.




Tujuan dari mengubah normal distribution menjadi standard normal distribution adalah mempermudahkan dalam proses prediksi dan menarik kesimpulan.

Uniform Distribution

Adalah distribusi dimana setiap value yang terjadi memiliki probabilitas yang sama. Dapat diambil contoh bila kita mengocok dadu, untuk mendapatkan 1,2 hingga 6, semuanya memiliki probabilitas 1/6.




note: masih ada distribusi lainnya, perlu ditambahkan disini...


Statistik: Distribusi Data Statistik: Distribusi Data Reviewed by noname needed on May 29, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.