Text Editor untuk Python

Berbicara text editor, ini seperti bicara agama dan keyakinan, hadeuh... kadang kita akan terbentur dengan programmer yang cukup fanatik dengan editor yang mereka gunakan. Jadi postingan ini bukan untuk mengatakan editor ini terbaik yah...

Kebetulan saya menggunakan Atom, entah kenapa saya bisa install Atom, rasanya waktu saya belajar Ethereum Solidity (yang mentok karena gagal install environment di lokal notebook saya), tutorial tersebut menganjurkan Atom.

Well, karena saya adanya Atom, mari kita berdayakan text editor ini. Sejauh ini beberapa kelebihan Atom yang saya rasakan, adalah free, dan banyak package (plugin) yang dapat membantu kemudahan kita melakukan programming, baik itu HTML, CSS, Javascript, ataupun Python.

Okay, langsung aja, pertama kita download dulu Atom di https://atom.io/
Web mereka sudah cukup pintar, otomatis memberikan link download yang sudah sesuai dengan sistem operasi yang kita gunakan. Langsung aja tekan download, tunggu hingga sampai selesai terdownload.

Proses instalasi juga mudah, jadi kita akan skip. Kita akan bahas adalah package (plugin) apa yang dapat membantu kita melakukan programming Python.

Okay, dengan asumsi Text Editor Atom sudah terbuka, untuk menambahkan package, buka menu File - Setting. Tab Setting akan terbuka, lalu pilih menu Install


Panel instalasi package akan tampil. Pada bagian Install Packages ada text input, disini Anda dapat ketikan package apa yang Anda ingin install.



Nah, Berikut beberapa paket yang saya dapatkan dari beberapa tutorial python dan berguna untuk membantu kita dalam python programming.

 AutoComplete Python Package

Untuk programmer yang sudah expert, fitur ini kadang dianggap mengganggu. Namun bagi saya yang masih pemula, fitur ini cukup bermanfaat, karena dapat mengurangi kesalahan typo.

Ketikan autocomplete-python pada search packages input box, lalu tekan tombol Packages. Atom akan menampilkan package yang berhubungan dengan autocomplete python.

Pilih autocomplete-pyhton, dengan tekan tombol Install.


Tunggu proses instalasi hingga selesai. Setelah selesai maka tampilan akan seperti gambar berikut.


Package Autocomplete untuk python sudah selesai terinstal.

Untuk berikutnya, saya hanya akan membahas paket yang perlu dinstall, untuk melakukannya seperti cara diatas.

Package linter-flake8

Ini adalah modul untuk mencek source code python yang kita ketikan. Package ini akan memberitahukan bila ada error atau suggestion seperti variable di deklarasikan tapi tidak digunakan pada program dan lainnya. Jadi seperti precompile, sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi error programming.

Paket ini memerlukan modul tambahan untuk di install lewat command prompt (power shell atau dos shell)

Buka command prompt, lalu ketikan pip install flake8

Note


Package python-autopep8

Autopep8 adalah aturan formating penulisan program Python, seperti indent, jumlah line antar code atau fungsi. Dengan menginstall package python-autopep8 akan membantu otomasi dalam hal formating dan memberitahukan pada programmer bila ada kesalahan formating.

python-autopep8 juga memerlukan instalasi tambahan melalui command prompt.

Buka command prompot, lalu ketikan pip install autopep8

Link referensi https://atom.io/packages/python-autopep8

Package script

Package ini bermanfaat untuk menjalankan program python dari text editor (Atom) dengan cara menekan tombol "shift + ctrl + b". Program akan dijalankan dipanel dibagian bawah text editor.

Jadi Anda tidak perlu ke command prompt, lalu menjalankan program dari sana.

Link referensi : https://atom.io/packages/script

Themes

Nah, diatas adalah package yang dapat membantu produktifitas dalam membuat program python. Anda dapat juga menginstal theme untuk syntax highlighting yang Anda sukai.

Beberapa rekomendasi di internet, theme yang cocok untuk programming python adalah Predawn (namun untuk soal theme adalah masalah selera, silakan anda gunakan yang menurut Anda nyaman)

Note: Bila Anda ingin menginstall theme, sama seperti cara install package diatas, namun tekan tombol Themes.

Themes sendiri terdapat 2 jenis, Theme untuk UI (user interface) dan Theme untuk script (syntax highlighting). Saya pribadi menggunakan Predawn untuk syntax higlighting, sementara untuk UI saya menggunakan bawaan dari Atom.

Untuk mengaktifkan theme yang telah diinstal gunakan menu File - Setting - Themes


Teks Editor Lainnya?

Anda bisa menggunakan text editor apa saja, mungkin sublime, notepad++ atau bahkan notepad dari windows. Semua kembali ke preferensi masing-masing.

Namun, bila Anda hanya akan bekerja di environment Python, menggunakan IDE pyCharm akan lebih powerful. Banyak programmer python memilih menggunakan pyCharm, karena di desain khusus untuk keperluan Python.

Untuk download pyCharm silakan kunjungi link berikut https://www.jetbrains.com/pycharm/download/

Dan tentunya pilih  installer versi Community  karena yang ini Free alias Gratis.


Akhir kata... yuk buruan ngo-ding.... kami tunggu Anda di artikel selanjutnya.
Text Editor untuk Python Text Editor untuk Python Reviewed by noname needed on June 22, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.