Instalasi Python

Instalasi Python termasuk sangat mudah, namun tetap kita akan bahas demi kelengkapan pembelajaran Python. Tutorial ini hanya akan membahas instalasi pada operating system windows saja. (mohon maaf, dikarenakan keterbatasan space hardisk jadi tidak punya linux, sementara untuk mac, hum.. you know lah.. maharrrlll...)

Oya, sedikit catatan penting, Python yang akan dibahas adalah versi 3 (mulai dari instalasi hingga tutorial programming menggunakan versi 3)

Download Instaler untuk windows

Untuk download installer langsung saja ke https://www.python.org/downloads/


Web python sudah cukup smart untuk mendeteksi operating system, hingga link download yang dimunculkan sudah mengarah ke Python installer yang sesuai dengan OS Anda.

Yup, tekan tombol Download Python 3.6.5 dan simpan ke local drive Anda. Perhatian, screen capture web diatas adalah saat artikel ini dibuat, untuk kedepannya mungkin bisa berubah. Idenya adalah download installer python versi terbaru yang stabil dan sesuai dengan sistem operasi Anda.

Proses Instalasi

Setelah selesai download, jalankan installer dengan double-clcik pada file yang dimaksud (pada contoh ini adalah python-3.6.5.exe)

Umumnya windows akan menampilkan Open File - Security Warning


Tekan tombol Run, lalu screen akan menampilkan window instalasi Python. Pastikan check box Install launcher for all users dan Add Python 3.6 to PATH tercentang.

Lalu tekan Install Now (jika Anda hendak mengatur konfigurasi instalasi silakan pilih Customize Installation, dengan asumsi Anda adalah advanced user, saya tidak akan membahas langkah instalasi ini)



Window akan menampilkan dialog User Account Control untuk menanyakan ijin, tekan tombol Yes untuk melanjutkan instalasi.



Selanjutnya kita tinggal duduk manis, menunggu Python Installer bekerja.


Setelah selesai menginstall berbagai component yang diperlukan oleh Python, maka installer akan menampilkan dialog intalasi berhasil.


Nah, selanjut tekan tombol Close. Selamat Python sudah terinstall.

Verifikasi Instalasi

Berikutnya adalah melakukan apakah Python sudah terinstall dengan benar. Buka command prompt atau dos shell atau power shell. Cara termudah adalah dengan menekan tombol window + R, akan menampilkan dialog run program, ketikan cmd lalu tekan OK


Pada command prompt, ketikan python dan tekan enter. Bila instalasi berhasil maka tampilan di command prompt kurang lebih seperti gambar berikut. Perhatian mungkin versi bisa sedikit berbeda, karena saat artikel ini dibuat, versi terbaru adalah 3.6.5)


Saat ini Anda berada console python, nah, untuk sementara cukup sampai disini, untuk keluar dari console python, Anda dapat tekan tombol Ctrl + Z lalu tekan enter, atau mengetikan exit() dan enter.

Selamat, Python sudah terinstal, langkah selanjutnya adalah menginstal text editor yang cukup bersahabat dengan Python.
Instalasi Python Instalasi Python Reviewed by noname needed on June 23, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.