Tentang Data Science



Data science belakangan ini mulai nyaring gemanya di dunia Teknologi Informasi. Saya pun menjadi tertarik dengan data science, dan membuat blog ini sebagai catatan pribadi proses pembelajaran di bidang data science.

Okay, apa sih data science? Nah, karena saya juga baru belajar, mari kita tanya wikipedia, berikut apa data science menurut dik wiki..

Ilmu data (Data Science) adalah bidang interdisipliner yang menggunakan metode ilmiah, proses, algoritma dan sistem untuk mengekstrak pengetahuan dan wawasan dari data dalam berbagai bentuk, baik terstruktur dan tidak terstruktur, mirip dengan penambangan data.


Ilmu data adalah "konsep untuk menyatukan statistik, analisis data, pembelajaran mesin dan metode terkait mereka" untuk "memahami dan menganalisis fenomena sebenarnya" dengan data. Ini menggunakan teknik dan teori yang diambil dari berbagai bidang dalam konteks matematika, statistik, ilmu informasi, dan ilmu komputer.

Turing pemenang penghargaan Jim Gray membayangkan ilmu data sebagai "paradigma keempat" sains (empiris, teoritis, komputasi dan sekarang data-driven) dan menegaskan bahwa "segala sesuatu tentang sains berubah karena dampak teknologi informasi" dan banjir data (information explotion).

Ketika Harvard Business Review menyebutnya "Pekerjaan Terseksi dari Abad ke-21", istilah "ilmu data" menjadi kata kunci, dan sekarang sering diterapkan pada analisis bisnis, intelijen bisnis, pemodelan prediktif, atau digunakan sebagai istilah glamor untuk statistik.

Dalam banyak kasus, pendekatan dan solusi yang lebih awal sekarang berganti nama menjadi "ilmu data" menjadi lebih menarik, yang dapat menyebabkan istilah menjadi "melebihi kegunaan." Meskipun banyak program universitas sekarang menawarkan ilmu data, tidak ada konsensus pada definisi atau isi kurikulum yang sesuai. Banyak ilmu data dan proyek-proyek big data gagal untuk memberikan hasil yang bermanfaat, seringkali sebagai akibat dari pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya yang buruk.

untuk lebih lengkapnya, silakan kunjungi linknya di wikipedia

Seperti diawal telah saya ucapkan, blog ini adalah catatan pribadi pembelajaran mengenai ilmu Data Science yang saya share (mungkin bisa bermanfaat untuk yang lagi sama-sama belajar). Jadi bila ada reader yang paham, boleh sharing juga karena sharing is caring.. dan ada pepatah juga mengatakan dua lebih baik dari pada satu (kepala ya.. bukan istri).

Data science seperti disebutkan oleh wikipedia, mengambil manfaat dari berbagai macam teknologi dan ilmu di bidang lain. Oleh karena itu, maka blog ini akan dibagi menurut bidang-bidang tersebut. (karena blog ini masih baru, artikel python fundamental aja yang baru ready... yang lainnya akan segera menyusul)

Machine Learning atau AI mengambil banyak manfaat dari data science. Ilmu pengolahan data dari data science akan sangat banyak digunakan. Karena AI membutuhkan data yang sudah "dirapikan" sebagai input bagi model dari AI atau ML. Oleh karena itu, blog ini juga akan membahas cukup banyak tentang machine learning.

Catatan ini dapat dibagi menjadi
Python Programming
Ilmu Dasar Statistik
Web Scraping : Cara Mengumpulkan data dari Web
Machine Learning


Tentang Data Science Tentang Data Science Reviewed by noname needed on June 23, 3000 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.