Statistik: Confidence Interval - Lanjutan

Melanjutkan dari catatan sebelumnya, point estimator kurang akurat, contoh kita mengunjungi 5% rumah makan di kota Jakarta. Kemudian kita mengambil kesimpulan bahwa harga rata-rata makan siang adalah Rp. 35.000.

Mungkin saja angkanya cukup dekat, tetapi tentu pada umumnya harga makan siang akan jatuh sekitar angka teresebut,  jadi lebih aman bila dikatakan harga rata-rata makan siang di jakarta berkisar dari 25.000 - 45.000.

Dengan mengatakan interval 25-45 ribu, kita telah membuat confidence interval dengan nilai point estimator tepat ditengahnya. Dengan menggunakan interval lebih akurat karena mencerminkan hasil dilapangan.

Berikutnya adalah konsep confidence level (tingkat kepercayaan), nilai ini menunjukan seberapa confidence bila kita secara random masuk ke rumah makan di Jakarta, dan harga makan siang ada pada kisaran tersebut. Contoh 95% kita confidence.



Perlu diperhatikan, tidak mungkin untuk 100% confidence, kecuali semua rumah makan di Jakarta sudah dikunjungi.

Convidence Interval dapat dihitung dalam dua kondisi yaitu: populasi variance tidak diketahui dan populasi variance diketahui.

Population Variance diketahui

Diasumsikan populasi terdistrubusi normal (bila tidak bisa dilakutan normalisasi dengan sample yang cukup besar dengan Central Limit Theorem).

Data yang diperlukan adalah sample mean (X), standard error dan Z alfa.

Karena variance dari populasi diketahui maka digunakan z-table.

Z alfa dapat dilihat dari z-table, berdasarkan confidence levels yang diinginkan, pada contoh digunakan confidence level 95% (ini sangat umum digunakan para profesional statistik).




Confidence level 95% adalah alfa 0.05, jadi nilai z yang harus dicari adalah z0.025 yang berarti 1 - 0.025 = 0.975. Cari nila 0.975 didalam z-table. Jumlahkan nilai baris dan kolom yang memuat nilai 0.975.



Setelah mendapat nilai z alfa, maka confidence interval sudah bisa dihitung. Untuk contoh ini berarti confidence interval berada direntang 94833, 105568.

Jadi bisa dibaca, 95% tingkat kepercayaan bahwa gaji data scientist pada interval $94833, $105568.



Perhatian Makin tinggi confidence level, makin lebar rentang confidence interval.

Population Variance tidak diketahui

Jika variance dari populasi tidak diketahui, maka gunakan t-table. Pada contoh, jumlah sample adalah 9, dan tingkat confidence yang akan digunakan adalah 95%.




Karena jumlah sample 9, maka derajat kebebasan (n) adalah 9-1 = 8, dan perhitungan alfa adalah 1-95% / 2 yaitu 0.025. Gunakan angka ini unutk melihat t-table, maka diperoleh angka 2.31


Semua komponen perhitungan sudah didapatkan, maka confidence interval bila variance dari populasi tidak diketahui sudah dapat dihitung.



Dapat dibandingkan rentang confidence interval variance populasi diketahui lebih pendek dibanding variance populasi tidak diketahui.
Statistik: Confidence Interval - Lanjutan Statistik: Confidence Interval - Lanjutan Reviewed by noname needed on May 27, 2018 Rating: 5

2 comments:

  1. Confidence level 95% adalah alfa 0.05, jadi nilai z yang harus dicari adalah z0.025 yang berarti 1 - 0.025 = 0.975.

    ini maksudnya 1-0.05 kan yak bukan 0.025 ? atau gimana yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh dibagi 2 yak. okee paham. blognya sangat bermanfaat

      Delete

Powered by Blogger.