Prediksi Nilai dengan Supervised ML

Supervised Machine Learning adalah salah satu cabang dari ML, dimana komputer belajar untuk membuat sebuah fungsi dengan melalui training menggunakan label data.

Ada cabang lainnya, namun supervised ML paling umum digunakan dan cocok untuk tahap awal dalam mempelajari ML.

Supervised adalah, saat proses training, kita memberikan data pada Model, dan memberikan juga nilai output yang benar/diharapkan. Lalu Model akan mencoba mencari tahu, fungsi apa yang harus dilakukan.



Contoh, bila kita memberikan angka 2 dan 2, dan memberi tahu hasil yang diharapkan 4. Lalu diberikan angka 3 dan 5, dan hasil yang diharapkan adalah 8. Kemudian diberikan data training yang cukup banyak.

Maka Supervised Learning Model akan mencari tahu fungsi yang perlu dilakukan. Dalam contoh ini adalah fungsi penjumlahan.

Setelah proses training selesai, bila kita memberikan data baru, maka Trained Supervised Learning Model akan dapat melakukan penjumlahan.


Contoh pada kehidupan nyata, misalnya program untuk memprediksi harga rumah. Kita akan membutuhkan data penjulan rumah beserta spesifikasinya. Lalu melatih model agar dapat membuat fungsi yang tepat berdasarkan data training (spesifikasi rumah) dan output yang telah disediakan (harga jual rumah).





Prediksi Nilai dengan Supervised ML Prediksi Nilai dengan Supervised ML Reviewed by noname needed on May 24, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.